Fakta Tentang Kereta Api Bima

Informasi ringan yang mungkin bisa menambah pengetahuan anda yaitu Fakta Tentang Kereta Api Bima. KA Bima saat ini menjadi andalan angkutan kereta api eksekutif rute Jakarta Surabaya sampai Malang. Dengan rangkaian kereta eksekutif terbaru K1 2016 milik PT KAI. Saat ini, tepatnya tanggal 1 Juni 2017 KA Bima sudah beroperasi 50 tahun atau setengah abad. Waktu layanan yang cukup lama.

KA Bima diluncurkan tanggal 1967 yang terdiri dari dua rangkaian kereta api yaitu KA Bima I dan Bima II meliputi rute Gambir Surabaya Gubeng via selatan Cirebon, Purwokerto, Jogja, Madiun. KA Bima Merupakan pelopor rangkaian KA Eksekutif berpendingin udara (AC) yang dilengkapi dengan Couchette (kereta berfasilitas tempat tidur). Kita bisa menyebutnya kereta tidur atau sleeper. Rangkaian KA dengan fasilitas tempat tidur, keretanya (luar) berwarna biru, buatan pabrik Waggonbau Görlitz, Jerman Timur tahun 1967. Dan Bima identik dengan biru malam. Namun seiring berjalannya waktu, warna kereta tidak lagi biru, nama KA Bima dianalogikan pula dengan nama salah satu tokoh “Mahabharata”, yang memiliki karakter tinggi besar, kokoh, kekar, kuat dan pemberani. Baca Juga Tiket Kereta Api Surabaya Jogja Terbaru Semua Kelas

Selain sebagai rangkaian KA ber-AC pertama di Indonesia, juga merupakan rangkaian KA pertama yang menggunakan Kereta Pembangkit. Periode Tahun 1967-1984 menemui masa-masa indahnya sebagai KA tidur/ sleeper. Namun dengan alasan sosial daripada alasan finansial akhirnya ditiadakan.

 

Perubahan besar terjadi pada era Pak Jonan, tanggal 5 Februari 2014 rute KA Bima di perpanjang sampai dengan Malang. Suata hal yang tidak terpikirkan sebelumnya sekaligus ekspansi peningkatan layanan penumpang. Dengan menggunakan rangkaian dominan buatan tahun 1995 dipo kereta JAKK. Terakhir body kereta dibranding dengan produk cat dulux setelah itu diganti menjadi K1 2016. Rute KA Bima adalah Gambir, Jatibarang-Cirebon-Purwokerto-Kebumen-Jogja-Solo-Madiun-Jombang-Mojokerto-Gubeng-Lawang-Malang.

Baca Juga Jadwal Kereta Api Bima

Sempat menggunakan jargon KA Bima, Jagonya Transportasi Darat yang sekarang sudah tidak ada lagi jargon tersebut di body kereta. Susunan rangkaian kereta api Bima saat ini Lokomotif, Pembangkit, 7-8 kereta penumpang dan satu kereta makan M1. KA Bima sangat layak anda jadikan teman perjalanan anda mulai dari Malang sampai Jakarta atau sebaliknya. Tiket bisa dipesan mulai H-90 sebelum keberangkatan sampai menjelang keberangkatan jika tiket masih tersedia. Cukup sekian sedikit Fakta Tentang Kereta Api Bima yang bisa kami sajikan, semoga mengandung manfaat.

No Responses