5 Langkah Mempersiapkan Keuangan Untuk Mudik Balik Lebaran

Informasi ringan untuk anda yang mungkin bisa menjadi manfaat, 5 Langkah Mempersiapkan Keuangan Untuk Mudik Balik Lebaran. Tentu anda yang mengikuti ritual mudik dan balik lebaran akan mengalami hal-hal unik selama mudik dan balik lebaran. Khususnya mengenai keuangan dan pengeluaran tidak terduga yang bisa menambah beban keuangan anda.

Mudik menjadi ritual tahunan dari kota ke kampung halaman untuk bertemu orang tua, keluarga atau sanak saudara. Tidak terkecuali bagi peserta mudik yang menggunakan jasa angkutan kereta api untuk menuju kampung halamannya. Persiapkan keuangan anda agar tidak terjadi pembengkakan pengeluaran dan pemborosan anggaran anda untuk hal-hal yang tidak perlu terjadi.

Langkah Pertama Mempersiapkan Keuangan Untuk Mudik Balik Lebaran

Calon penumpang kereta api saat ini bisa memesan tiket lebaran mulai H-90 sebelum anda berangkat. Jadi, saat ini anda sudah mengantongi tiket kereta api untuk mudik dan balik. Bagi yang belum mempunyai tiket kereta api ada kesempatan satu kali lagi untuk mendapatkan tiket kereta api tambahan gelombang kedua. Semoga anda mendapatkannya. Baca Juga Fakta Tentang Kereta Api Bima.

 

Baiknya, anda sisihkan sedikitnya 10 persen dari penghasilan bulanan untuk keperluan mudik dan balik.
Silakan mulai anggarkan dana transportasi kereta api mulai dari keberangkatan sampai pulang kembali. Besar kecilnya anggaram akan tergantung dari pemilihan kelas kereta api apa yang anda gunakan dan jumlah anggota keluarga yang ikut.

Gambar Stasiun Tugu Yogyakarta

Langkah Kedua Mempersiapkan Keuangan Untuk Mudik Balik Lebaran

Pilih kelas kereta api yang akan anda gunakan, jika anda ingin kenyamanan dan waktu tempuh yang cepat, maka gunakan kereta api kelas eksekutif. Jika ingin memperketat anggaran, maka bisa menggunakan kereta api kelas ekonomi AC. Semua pilihan bisa disesuaikan dengan budget yang sudah di susun tadi.

Langkah Ketiga Mempersiapkan Keuangan Untuk Mudik Balik Lebaran

Merancang anggaran khusus untuk memberi batas maksimal pada masing-masing kebutuhan pengeluaran tersebut. Contoh untuk membeli oleh-oleh, membeli uang saku kepada kerabat dan lain sebagainya. Kadang berwisata juga digemari pemudik, na ini salah satu pengeluaran tidak terduga. Pemudik pasti akan mengalami hal demikian.

Langkah Keempat Mempersiapkan Keuangan Untuk Mudik Balik Lebaran

Ada baiknya anda mengambil peluang untuk mendapatkan dana tambahan. Bisa dengan berjualan online, berjualan takjil, berjualan apa yang khas didaerah kita dan lain sebagainya.

Baca Juga Jadwal dan Harga Tiket Kereta Api Jakarta Cirebon Terbaru

Langkah Kelima Mempersiapkan Keuangan Untuk Mudik Balik Lebaran

Berkomitmen dengan anggaran yang telah disusun. Misalnya, selama mudik dan balik akan menghabiskan dana 3 juta, maka anda harus berkomitmen dengan apa yang anda susun. Hal ini sulit, tapi demi kebaikan keuangan anda. Jangan sampai ritual mudik akan mempersulit kelangsungan keuangan anda pasca lebaran.

Nah itu dia 5 Langkah Mempersiapkan Keuangan Untuk Mudik Balik Lebaran yang bisa anda aplikasikan saat mudik dan balik lebaran nanti.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *