Selamat Tinggal KA Sarangan Ekspres

Kami ucapkan Selamat Tinggal KA Sarangan Ekspres karena akan dihapus perjalanannya. Senin, tanggal 15 Februari 2016 adalah perjalanan terakhir KA Sarangan Ekspres dari Surabaya ke Madiun dan dari Madiun ke Surabaya. Awal mula diluncurkannya KA Sarangan Ekspres pada tanggal 5 Februari 2014 menggunakan rangkaian idle KA Mutsel/Mutiara Selatan Bandung-Surabaya. Harapan diluncurkannya KA Sarangan adalah untuk mengakomodasi penumpang Surabaya-Madiun pp khusus pada jam pagi. Mengingat jam keberangkatan sore dari Surabaya sudah di pegang oleh KA Arjuna Ekspres yang “sakit-sakitan”. Namun harapan tidak sesuai dengan kenyataan, KA Sarangan jauh dari kata berhasil menarik penumpang. Okupansi penumpang reguler weekday sepi, kadang-kadang penumpang weekend ramai.  Nama Sarangan Ekspres diambilkan dari nama Telaga Sarangan yang sudah melegenda itu.

Okupansi yang sepi membuat operasional tidak sebanding dengan pendapatan. Menurut perhitungan awam, KA Sarangan merugi karena pendapatan tidak sebanding dengan pengeluaran.

Banjir Porong Hambat Perjalanan Kereta Api

KA Sarangan pernah digunakan untuk sarana transportasi arus mudik dan balik lebaran. Oleh Gubernur Jatim, KA Sarangan masuk dalam daftar angkutan mudik Gratis.

Gambar-KA-Sarangan

Pada Gapeka 2015 atau jadwal KA Sarangan 2015/2016 dijadwalkan berangkat dari Surabaya Gubeng 09.30 tiba Madiun 12.37. Jam berangkat dari Madiun 13.30 tiba Gubeng 16.55. Tarif KA Sarangan mulai dari 50.000.

Cara Boarding di Stasiun Kereta Api

Dengan dihentikannya operasional KA Sarangan, maka rute Surabaya Madiun kehilangan satu moda transportasi kereta api setelah sebelumnya KA Arjuna Ekspres tidak jalan lagi.

Disisi lain, dihentikannya KA Sarangan akan mengurangi waktu tugas KA Mutiara Selatan dan diharapkan rangkaian bisa berumur panjang. Akhirul kalam, Selamat Tinggal KA Sarangan Ekspres 2016 sampai berjumpa di lain waktu dan lain nama kereta api. Kereta Api Sarangan Ekspres Berhenti Beroperasi

 

No Responses