Hati-Hati Salah Naik Kereta Api

Bagi anda yang belum terbiasa naik kereta api ada baiknya hati-hati salah naik kereta api. Walaupun sepele, namun akibatnya bisa fatal. Korban waktu, uang, korban perasaan juga. Biasanya untuk kereta api lokalan atau komuter line yang sering mengalaminya, malu bertanya salah naik kereta kemudian. Banyak kejadian salah naik kereta, tahu nya kok bukan jurusan yang dinaiki, kemudian gelisah, bingung dan tidak tahu harus berbuat apa?.

Salah naik kereta bisa dihindari jika kita konsentrasi mendengarkan siaran lewat pengeras suara di Stasiun. Biasanya karena asik sendiri, menjadi ceroboh dan asal naik saja kereta yang ada di peron.

Ada baiknya anda cek terlebih dahulu jam keberangkatan kereta api yang anda naiki. Pastikan anda berada di ruang tunggu stasiun lebih awal agar bisa menguasi medan. Baca Juga Ya KA Joglo Ekspres akan Jadi KA Joglokerto Ekspres.

Jika ada kereta api datang di Stasiun, bertanyalah kepada petugas, apakah kereta api tersebut yang akan anda naiki. Hal ini penting, kadang kita main naik kedalam kereta tidak mendengarkan siaran dari pengeras suara. Terlebih lagi, jika anda datang ke stasiun injury time dengan jadwal keberangakatan, pastinya anda akan naik kereta tersebut bukan?

Apalagi sekarang tiap stasiun besar dan stasiun kelas 1 memiliki zona ruang tunggu. Zona ruang tunggu 1 untuk penumpang kereta yang akan berangkat, zona ruang tunggu 2 untuk kereta yang masih lama keberangkatannya. Biasanya penumpang kereta berikutnya itu sudah boleh masuk ke ruang tunggu zona 1. Nah jika anda tidak konsenstrasi, anda akan salah naik kereta.


Gambar Stasiun Bandung


Kalau sudah salah naik kereta, anda dari Gambir tujuan anda mau ke Bandung eh ternyata anda di Bawa ke Cirebon. Lumayan memakan waktu bukan?

Bagaimana Solusinya

Jika sudah terlanjur salah naik kereta api, langsung hubungi petugas atau krew kereta api bersangkutan. Beri info jika anda salah naik kereta api dan minta saran untuk berhenti di stasiun terdekat untuk membeli tiket kereta arah sebaliknya (kembali ke stasiun awal). Atau jika ingin naik angkutan umum seperti bis, minta saran stasiun yang dekat dengan jalur bis.

Kesimpulannya

Jika tidak ingin salah naik kereta, konsentrasi pada pengeras suara stasiun, tanya pada petugas, jangan tergesa-gesa. Lebih baik datang ke Stasiun lebih awal dari pada datang injury time. Saya rasa itu dulu tips agar tidak salah naik kereta. Semoga bermanfaat. Jangan lupa di baca Juga Hal Berikuti Yang Menyababkan Ketinggalan Kereta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *