Gapeka April 2015, PT KAI Tambah 50 Perjalanan Kereta Api

Sobat keretaapikita yang kami hormati, selamat ber Hari Senin semoga aktivitas lancar. Pada Gapeka April 2015, PT KAI Tambah 50 Perjalanan Kereta Api sesuai yang terlampir pada press release di website resmi PT KAI. Apa saja yang ditambah dan dikurangi pada Gapeka April 2015 ini, salah satunya perjalanan kereta api Penataran Ekspres Malang Surabaya-Surabaya Blitar telah di hapus. Begitu juga ada penambahan rute perjalanan KA Bandung Raya Ekonomi dengan menghentikan KRD Patas Bandung Raya. Ada lagi pemberian nomor reguler untuk KA yang berstatus KLB/PLB diantaranya KA Jenggalan Mojokerto Sidoarjo PP, KA Jaka Tingkir Purwosari Pasar Senen, KA Jayabaya Malang Pasar Senen dan seterusnya. Pada Gapeka 2015, PT KAI akan menambah 50 jadwal perjalanan KA baru untuk angkutan penumpang dan 24 jadwal perjalanan KA baru untuk angkutan barang di Jawa. Sementara untuk KRL Jabodetabek, PT KAI menambah 7 loop perjalanan KRL dan menambah 2 jadwal perjalanan KA Bandara Kualanamu.

Maksud dari penambahan jadwal keberangkatan kereta api tak lebih untuk meningkatkan kapasitas angkut penumpang. Tahun 2014 lalu, volume angkutan penumpang mencapai sekitar 280 juta penumpang dan volume angkutan barang sekitar 32 juta ton. Pertumbuhan angkutan barang tahun 2015 ditargetkan sebesar 35% sementara untuk angkutan penumpang dapat tumbuh sebesar 10% dari tahun 2014. Berikut ini daftar kereta api yang ditambahkan tersebut yang sudah saya ringkas jika ditotal ada 50 jadwal perjalanan :

KA Argo Parahyangan Bandung Gambir PP

Malioboro Ekspres Malang Jogja PP

 Cirebon Ekspres Cirebon Pasar Senen PP

Jayabaya Malang Pasar Senen via Surabaya Gubeng dan Surabaya Pasar Turi PP.

Jaka Tingkir Purwosari (Solo) Pasar Senen PP.

Menoreh Semarang Tawang Pasar Senen PP

Joglo Ekspres Solo Jogja PP

Kamandaka Semarang Purwokerto PP

Kedungsepur kelas ekonomi Weleri Semarang Ngrombo Gubug PP

Jenggala KRDI Ekonomi Mojokerto Sidoarjo PP

Perintis Wonogiri Wonogiri Solo PP

KRD Bojonegoro Sidoarjo Surabaya Gubeng Surabaya Pasar Turi Bojonegoro PP.

KRD Kertosono Surabaya Kertosono PP

Gambar-ka-bangunkarta

Yang menarik dari Penambahan rute dan jadwal perjalanan adalah KA Jayabaya dimana dari Malang lewat Gubeng, Pasar Turi kemudian ke Jakarta lewat shortcut Tugu Pahlawan Surabaya. Yang dinanti-nanti juga KRD Bojoengoro akan berangkat dari Sidoarjo dengan lewat Shortcut Tugu Pahlawan pula. Yang bikin tidak enak adalah, harga tiket untuk kereta api lokal naik berlipat-lipat atau tepatnya berubah harga, untuk KA KRD Lokal dan KA Rapih Dhoho Jurusan Surabaya Blitar yang tiket semula Rp 5.500 April Berubah menjadi Rp 15.000 sedangkan KRD Kertosono Rp 10.000. Mohon Harga tersebut untuk dipertimbangkan kembali. Harga Tiket KA Ekonomi Per 1 April 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *