PT KAI Meremajakan Gerbong Kereta Secara Bertahap

Dalam waktu dekat ini PT KAI Meremajakan Gerbong Kereta Secara Bertahap terhadap gerbong penumpang yang berusia diatas 31 tahun. Gerbong tersebut akan di konservasi atau di rucat atau ditumpuk di suata tempat. Pernah melihat tumpukan lokomotif dan tumpukan KRL ekonomi?nah mungkin seperti itulah bentuknya. Sementara untuk menggantikan usia gerbong tesebut, PT KAI memesan gerbong kereta api baru di Industri Kereta Api (INKA) Madiun.

Peremajaan armada KAI dilakukan bertahap menyesuaikan pesanan yang sudah jadi dari INKA. Saat ini sudah ada beberapa gerbong kereta baru yang sudah menjadi trainset atau rangkaian kereta. Dimulai dari KA Ekonomi New Image, KA Ekonomi Premium, KA Eksekutif New Image tahun 2016-2017. Saat ini sudah beroperasi di KA Bima, Gajayana, Sembrani, Argo Lawu dan Dwipangga. Rencana kedepan semua gerbong yang usianya diatas 31 tahun, akan digantikan dengan gerbong-gerbong baru. Tentu mekanismenya adalah bertahap.

Langkah ini diambil untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Selain untuk meningkatkan pelayanan, juga untuk kenyamanan, keamanan, serta efisiensi perusahaan. Gerbong penumpang yang berkode tahun 64 (1964), 65 (1965) sampai tahun 1985 akan di konservasi untuk dirucat.

 

Baca Jadwal KRL Cibitung Jakarta dan Jakarta Cibitung

Mungkin tahun 2020 rangkaian kereta api sudah tidak dijumpai lagi gerbong dengan kode K3 06601 dan seterusnya. Jika ini diberlakukan, banyak daftar kereta dari berbagai dipo kereta yang akan kena bagian. PT KAI Meremajakan Gerbong Kereta Secara Bertahap untuk kenyamanan penumpang, keamanan.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *