Lagi Marak Pelemparan Batu Terhadap Kereta Api

Waspadai pelemparan batu terhadap KA yang sedang melintas kencang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Musim liburan ini lagi marak pelemparan batu terhadap kereta api lewat oleh anak-anak umur belasan tahun. Mereka belum tau apa dampak yang diakibatkan oleh pelemparan kereta api yang melintas dengan batu. Untuk menghindari pelemparan Batu terhadap kereta api perlu tips khusus agar terhindar dari pelemparan batu.

Membaca berita di media nasional, banyak sekali aksi pelemparan batu terhadap kereta api. Khususnya kereta api penumpang jarak jauh baik ekonomi, bisnis, maupun eksekutif. Kerugian sangat besar, karena biaya perawatan akan bertambah. Dari segi penumpang mengalami luka, trauma dan kemungkinan tidak mau lagi naik kereta api.

Kasus serupa sering dialami oleh penumpang kereta api lokal di daop 8 Surabaya. Banyak pelemparan batu oleh anak-anak dengan maksud iseng, padahal itu termasuk sabotase terhadap fasilitas negara.

Pelemparan-batu-Kereta

Tips menghindari atau meminimalisasi adanya korban pelemparan kereta, ada baiknya gunakan penutup kepala saat dalam kereta api. Biasanya yang paling rentan kena lemparan adalah penumpang dekat jendela. Gunakan penutup kepala atau topi untuk menghindari serpihan kaca sintesis, atau batu yang masuk ke dalam.

Baca Juga : Jadwal perubahan pelayanan KAI Daop 6

Tips berikutnya adalah duduk dengan membelakangi arah kereta, misal keretanya arah kebarat, duduknya menghadap ketimur. Logikanya adalah jika batu atau serpihan kaca masuk ke kereta, batu akan jatuh ke belakan karena kecepatan kereta. Bukan jatuh ke depan.

Nah itu saja dari saya, semoga anda tidak menjadi korban pelemparan batu oleh oknum. Semoga perjalanan anda menyenangkan dengan kereta api.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *