Tips Bepergian Dengan Kereta Api

Kali ini kami akan berbagi tips bepergian dengan kereta api kemanapun tujuan anda. Tips naik kereta api ini bisa saja berguna bagi yang belum pernah naik kereta api atau belum tau cara naik kereta api karena baru pertama kali naik kereta api. Sekedar informasi tiket kereta api jarak jauh (ekonomi, bisnis, eksekutif) bisa di pesan H-90 atau 3 bulan sebelum keberangkatan. Untuk KA Lokal ada yang H-30 ada yang harus pembelian go show/hari H. Pembelian tiket bisa dilakukan di Website PT KAI, Mini Market atau Channel Eksternal lainnya. Baik, langkah awal ketika hendak naik kereta api adalah :

  1. Tentukan Stasiun Keberangkatan awal dan Tujuan anda serta siapa saja yang akan diajak bepergian (berapa orang). Contoh kasus ; anda sudah pesan tiket 2 orang dari Jakarta ke Bandung, tiba-tiba saudara anda ikut dan tiket sudah habis.
  2. Tentukan tanggal, jenis kereta. Contoh kasus ; anda memilih bepergian dengan kereta tanpa berkoordinasi dengan orang terdekat anda, disaat sudah memesan tiket, ternyata ada acara keluarga yang lebih penting. Rencanakan Jauh-jauh hari untuk KA Jarak Jauh dapat di pesan H-90 tentunya harus koordinasi dengan peserta yang diajak. Tentukan juga jenis kereta api ekonomi, bisnis atau eksekutif menyesuaikan dana/budget anda. Jenis kereta api menentukan kenyamanan anda dan berhubungan dengan kondisi kebugaran fisik saat sampai di tempat tujuan. Baca Juga : jam pemesanan tiket di loket stsaiun
  3. Pemesanan tiket tidak harus di loket Stasiun, tiket dapat di booking melalui website ; http://tiket.kereta-api.co.id, Tiket.com, Mini market terdekat, aplikasi KAIAcces, Kontak Center KAI121 dan Kantor Pos.
  4. Datanglah lebih awal 1 Jam di Stasiun sebelum keberangkatan kereta api bersangkutan. Sekarang keberangkatan kereta api lebih banyak tepatnya dari pada keterlambatannya. Hal ini bisa anda gunakan untuk boarding lebih awal kedalam stasiun, apalagi jika barang bawaan anda cukup banyak, akan menyita waktu.
  5. Persiapkan dan cek tiket dan identitas asli anda sebagai persyaratan untuk boarding/masuk ke ruang tunggu Stasiun. Kalau tidak siap, dan tiket terselip akan membingungkan anda dan akan menyita waktu anda.
  6. Bawa bekal makanan (ringan) dan minuman sendiri lebih baik dari pada membeli di dalam kereta. Kondisi di dalam kereta sekarang tidak sama dengan dahulu, dulu ada pedagang asongan yang siap memanjakan anda jika lapar, kini anda harus memesan di restorasi kereta api. Terutama minuman usahakan bawa yang banyak, karena dinginnya AC akan membuat anda dehidrasi.
  7. Apabila kereta akan datang di jalurnya, mohon tunggu sampai kereta api berhenti terlebih dahulu dan anda berdirinya dibelakan garis yang ditentukan, biasanya garis warna kuning hitam. Itu garis batas body kereta api, jika anda berdiri di garis tersebut kemungkinan akan terserempet body kereta.
  8. Gunakan jasa porter stasiun jika barang bawaan anda banyak. Porter ada tarif batas atas dan tarif batas bawahnya dan mereka terkoordinir dengan baik, jadi mereka terpercaya.
  9. Jangan malu untuk bertanya kepada petugas yang berseragam putih khas PT KAI jika anda kebingungan.

Baca Juga : tarif parkir Stasiun gubeng

Kereta-Api-Arjuna-Ekspres

Itu dulu Tips Bepergian dengan kereta api khususnya yang baru pertama kali naik kereta api. Tips ini merupakan pengalaman pribadi naik kereta api Mutiara Selatan, Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Comments
  1. 1 year ago
    • 1 year ago
  2. 1 year ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *