Banjir Porong Menghambat Perjalanan Kereta Api

Banjir Porong Menghambat Perjalanan Kereta Api lintas Stasiun Porong – Stasiun Tanggulangin. Tepatnya di tanggul lumpur Sidoarjo. Namun, penyebab banjir bukanlah dari lumpur Sidoarjo atau tanggul yang jebol, melainkan dari luapan sungai yang menggenangi jalan raya dan rel kereta api.

Kereta Api yang melewati jalur tersebut terhambat perjalanannya dan tertahan karena jalur tersebut tergenang air setinggi +- 90 cm diatas kop rel. Bagi penumpang kereta api komersil perjalanan dialihkan menggunakan bus oleh pihak PT KAI. Untuk KA Lokal Penataran Surabaya Malang, dibatalkan perjalanannya. Ada juga KA dari Malang tujuan Jakarta/Bandung via Surabaya gubeng harus memutar lewat rute Blitar, Kediri, dan Kertosono. KA yang batal jalan, oleh PT  KAI dikembalikan 100% bea perjalanan kepada penumpang yang membatalkan tiketnya. Baca Juga Jadwal Kereta Api KRL Bandara Soekarno Hatta

Upaya normalisasi jalur sudah dilakukan dengan cara penambahan batu balas untuk meninggikan track.  Tanggal 28 November 2017 terpantau air meninggi di angka 93 cm diatas kop rel, sehinggai track tidak bisa digunakan. Beberapa kereta api dialihkan tracknya. KA Sritanjung dari Banyuwangi memutar lewat Malang, Blitar, Kertosono.

Kereta Api Lokal juga ikut kena imbasnya. KA Penataran Dhoho Surabaya Malang hanya sampai Sidoarjo saja. KA Penataran/Dhoho Penataran Blitar Surabaya, hanya sampai Bangil saja.  Penumpang yang memiliki tiket Penataran Surabaya Malang yang turun Sidoarjo boleh naik KA Komuter Surabaya Porong yang sampai Sidoarjo saja.

 

Atas kejadian alam ini, PT KAI rugi secara materi dan secara psikologi, yap karena kepercayaan terhadap kereta api sudah terbentuk, kena banjir dan kereta terlambat, kepercayaan penumpang terhadap kereta api sedikit terusik. Akhir kata, semoga rintangan jalan lekas bisa teratasi secepatnya dan perjalanan kereta api kembali normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *